Pengapuran Tulang

Pengapuran tulang (osteoarthritis) selama ini disalah persepsikan sebagai penyakit yang disebabkan oleh kelebihan asupan kalsium. Padahal, osteoarthritis yang masuk golongan penyakit rematik tidak ada hubungannya dengan konsumsi kalsium yang berlebihan. osteoarthritis timbul akibat gerakan pada sendi yang berlebihan serta tekanan dari berat badan tubuh seseorang.

Karena itu, pengapuran tulang banyak terjadi pada orang-orang yang gemuk, terlalu banyak olahraga serta orang-orang yang kesehariannya terlalu lama jongkok, berdiri dan duduk. Penyakit osteoarthritis tidak bisa dihindari karena bagian dari proses penuaan tubuh. Namun, orang-orang yang kegemukan, lebih cepat terkena osteoarthritis dibandingkan mereka yang kurus maupun bertubuh ideal. Orang kurus pun bisa terkena osteoarthritis bila memiliki kebiasaan tidak sehat seperti olahraga berlebihan, terlalu lama berdiri, jongkok atau duduk.


Sebenarnya orang gemuk dan orang kurus memiliki risiko penyakitnya sendiri. Pada orang gemuk cenderung terkena osteoarthritis, sedangkan orang kurus terkena osteoporosis atau patah tulang. Karena itu usahakan berat badan ideal agar terhindari dari penyakit osteoporosis atau osteoarthritis.

Akibat penggunaan sendi yang berlebihan sewaktu muda, kelenturannya menjadi berkurang. Sehingga sendi menjadi “berkarat” saat memasuki usai lanjut. Akibatnya sendi menjadi terasa sangat nyeri saat di gerakkan, karena “pelumas” yang ada sudah berkurang akibat pemakaian yang berlebihan.

Osteoarthritis merupakan penyakit sendi yang paling sering didapatkan dan penyebab terpenting dari nyeri dan ketidakmampuan pada lansia (lanjut usia). Osteoarthritis paling banyak tejadi pada tulang belakang, lutut, tangan dan kaki.

Gejala klinik dari osteoarthritis meliputi nyeri sendi, kaku sendi, bengkak sendi, kelemahan dan disabilitas. Osteoarthritis dimulai dengan kerusakan pada tulang rawan sendi yang berakhir dengan kerusakan ke seluruh sendi. Lebih dari 80% penderita osteoarthritis mengalami keterbatasan gerak.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Pengapuran dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Pengapuran Tulang and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>