Pengapuran Tulang (Osteoarthritis)

Pengapuran Tulang (Osteoarthritis) – Pengapuran tulang merupakan kondisi dimana sendi terasa kaku dan juga terasa sakit pada saat di gerakkan khususnya. Gangguan kesehatan seperti ini termasuk sangat umum dan untuk istilah medis pengapuran tulang ialah Osteoarthritis. Kondisi tulang dan sendi yang mulai tidak berfungsi dengan baik sehingga seringkali penderitanya terganggu dengan aktivitas yang sedang dilakukan karena rasa sakit yang dirasakan pada bagian persendian.

Bagian yang paling sering mengalami pengapuran tulang bisa pada lutut, tangan atau bisa juga pada bagian bokong. bagian sendi yang mengalami kerusakan sehingga juga mempengaruhi tulang, sebab tulang dan juga sendi posisinya atau letaknya tidak berjauhan sebab itu apabila ada masalah pada bagian tulang atau pun pada bagian sendi maka akan menyebabkan keduanya mengalami masalah pada fungsinya. kondisi seperti ini menyebabkan penderitanya terbatas melakukan berbagai macam aktivitas khususnya pada aktivitas yang berat.

Penyebab Pengapuran Tulang (Osteoarthritis)

Pengapuran tulang (Osteoarthritis) terjadi karena ada kerusakan pada bagian tulang rawan. Padahal tulang rawan bagian penting tulang untuk mencegah gesekan antara tulang dengan tulang lainnya, sehingga apabila ada pengapuran tulang maka akan ada benturan atau gesekan antara tulang satu ke tulang lainnya. maka dari itu akan menurunkan fungsi tulang dan menyebabkan mengganggu aktivitas. Ada pula yang memicu kerusakan pada tulang rawan dan menyebabkan pengapuran tulang (Osteoarthritis), berikut beberapa pemicunya :

  • Usia bisa menjadi faktor pemicu pengapuran tulang (Osteoarthritis). Seseorang yang berpotensi untuk menderita pengapuran tulang (Osteoarthritis) khususnya pada usia 45 tahun keatas. maka dari itu banyak seseorang usia lanjut atau orang tua yang mengalami kondisi seperti ini.
  • Selain usia, yang berpotensi untuk mengalami pengapuran tulang (Osteoarthritis) juga lebih banyak dari kalangan wanita. Wanita lebih berpotensi untuk mengalami masalah pada tulang dan sendinya sehingga banyak ditemui juga wanita yang menderita pengapuran pada tulangnnya.
  • Untuk orang orang yang pernah mengalami cedera pada bagian tulang atau pada sendi pun lebih berisiko untuk menderita pengapuarn tulang (Osteoarthritis). Oleh karena itu kondisi seperti ini sebaiknya diwaspadai. Menjaga kesehatan tulang dan persendian dengan baik sehingga tidak menyebabkan pengapuran tulang. cedera yang parah yang mengharuskan melakukan operasi lah yang lebih berpotensi untuk menyebabkan pengapuran tulang.
  • Tidak hanya cedera, yang juga dapat menyebabkan pengapuran tulang juga ialah karena pengaruh dari berat badan yang di miliki. Sebab berat badan yang berlebihan bisa meningkatkan risiko untuk menderita penyakit pada sendi dan tulang. berat badan yang berlebihan akan menambah beban pada tubuh atau pada tulang sehingga meningkatkan risiko untuk terjadinya cedera. Untuk itu perlu hati hati dengan berat badan yang di miliki. Karena obesitas juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya juga.
  • Ada pun faktor lainnya juga yang menyebabkan pengapuran tulang (Osteoarthritis) yaitu dikarenakan faktor genetik atau keturunan dari keluarga yang juga menderita penyakit pengapuran tulang yang sama.
  • Penyakit asam urat bisa memicu terjadinya pengapuran tulang (Osteoarthritis). Karena jumlah asam urat yang terlalu banyak akan mengendap di dalam sendi, dan apabila asam urat tinggi tidak segera diturunkan maka dampaknya akan merusak sendi sehingga pengapuran tulang (Osteoarthritis) bisa terjadi juga. faktor pemicu ini sebagai besar dari makanan mengandung purin oleh sebab itu perhatikan makanan yang dikonsumsi.

Gejala Pengapuran Tulang (Osteoarthritis)

Pengapuran tulang (Osteoarthritis) apabila terjadi maka akan menyebabkan masalah pada fungsi persendian. Persendian yang akan menyebabkan sakit sendi, tetapi biasanya akan terjadi secara perlahan perlahan. Kondisi ini menyebabkan bagian tubuh yang mengalami pengapuran akan terasa sakit. sebab rasa sakit yang dirasakan lah yang akan menyebabkan penderitanya akan menghambat aktivitas yang sedang dilakukan, karena rasa sakit bisa hanya ketika sedang melakukan gerakan pada sendi saja maka dari itu penderita pengapuran tulang (Osteoarthritis) tidak dapat beraktivitas bebas lagi. intensitas rasa sakit pada gejala yang dirasakan bisa hanya sering atau pun jarang tergantung tingkat keparahan yang dimiliki. Jadi pengapuran tulang menyebabkan sendi tidak lentur, nyeri sendi, dan juga akan menyebabkan lemas pada otot dan massa otot akan berkurang juga.

Mengatasi Pengapuran Tulang (Osteoarthritis)

Sebelum pengapuran tulang (Osteoarthritis) semakin parah maka ada baiknya jika diatasi dengan cepat. upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengapuran tulang seperti dibawah ini :

  • Menurunkan berat badan bisa menjadi upaya mengatasi pengapuran tulang (Osteoarthritis) yang pertama sehingga beban tulang tidak berlebihan.
  • Untuk menjaga kesehatan sendi maka sering lah melatih persendian. Melatih persendian dengan olahraga. Untuk jenis olahraga yang dilakukan pun tidak terlalu yang berat terlebih untuk orangtua. Jalan pagi atau sore, bersepeda santai bisa dilakukan untuk mengembalikan kesehatan sendi.
  • Terapi okupasi.
  • Gunakan alat bantu untuk mengurangi rasa sakit ketika berjalan atau berdiri yang biasanya ada di rumah sakit. sehingga akan membantu aktivitas yang sedang dilakukan.
  • Kontrol asupan makanan, khususnya makanan yang mengandung purin tinggi agar tidak sering dan tidak terlalu banyak di konsumsi.
  • Ada pun obat Osteoarthritis yang alami atau dari apotek ini mengurangi gejalanya. (By:RM)

Pengapuran Tulang (Osteoarthritis)

Cara Pemesanan

Propolis Melia Nature

Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Pengapuran Tulang dan Penyakit Lainnya

1 Botol Propolis Melia Nature Harga Rp. 115.000 dengan Isi 6 ml/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan: Pesan Propolis Melia Nature, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( Untuk Menentukan Ongkos Kirim )


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Pengapuran dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Pengapuran Tulang and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.